Monday, April 30, 2007

Sejarah Sulap

Abrakadabra!!!!

Siapa yang ga kenal dan akrab dengan mantra umum ini? Dimana mana kita sering mendengar mantra ini diucapkan. Di pesta ulang tahun, film kartun, badut0badut, sirkus... Yup! Sebelum Harry Potter lahir pun kita sudah mengenal mantra ini, berikut sedikit ulasan tentang all about magic.. :P

Sejarah Sulap, kapan diciptakan??

Dahulu pada jaman batu, menciptakan api dianggap sebagai sulap. Namun sulap yang dimaksud di sini adalah sulap sebagai bentuk seni pertunjukan.

Ada bukti dokumen tertua yang ditulis sekitar tahun 1700 SM pada lembaran papyrus menceritakan suatu pertunjukan sulap ditemukan. Deddy, seorang pesulap Mesir dipanggil untuk menghibur Raja Cheops. Salah satu dari trik yang ditunjukannya adalah memotong kepala seekor hewan dan mengembalikannya dalam keadaan hidup tanpa terluka sama sekali. Oleh sang Raja, Deddy diminta untuk mengulang triknya dengan menggunakan narapidana. Deddy menolaknya dan membuat Raja kecewa, namun ia mengulang kembali trik tersebut dengan menggunakan seekor sapi jantan.

Waktu terus bergulir, tidak banyak catatan sejarah yang membicarakan tentang trik sulap pada jaman dahulu. Namun trik Cups and balls adalah salah satu trik sulap yang tertua. Egyptologis menyatakan bahwa ada catatan lukisan di sebuah dinding kuburan Mesir Tua di Beni Hasan yang berumur antara 2500-2200 tahun sebelum Masehi. Lukisan tersebut menggambarkan dua orang yang sedang bermain dengan empat buah cangkir. Cups and balls merupakan trik yang sangat tua dan masih popular hingga saat ini.

Sejak abad ke-18 sulap menjadi suatu bentuk pertunjukan yang sangat populer. Isaac Fawkes (1675-1731) merupakan seseorang yang mempopulerkan sulap di Inggris. Salah satu dari kehebatannya adalah trik pohon apel yang tumbuh, mekar & menghasilkan buah hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Dia menjadi sangat terkenal dan menjadi kaya raya hingga kematiannya.

Giuseppe Pinetti (1750 -1800), lahir di Itali, merupakan sosok lain yang juga penting dalam sejarah sulap. Begitu tenarnya hingga ia sering diminta tampil untuk keluarga kerajaan. Namun pada tahun 1783, saat ia sedang mengadakan pertunjukan di Paris, Henri Decremps, seorang ahli hukum yang juga seorang pesulap amatir, membongkar metode sulap Pinetti dalam sebuah buku. Ironisnya hal tersebut justru menjadikan Pinetti makin tenar, bahkan lebih tenar dari sebelumnya. Pada tahun 1784, ia mengadakan pertunjukan di Haymarket Theatre, London, suatu event yang sangat penting karena merupakan awal perpindahan dari seni sulap jalanan dan Festival Pekan Raya menjadi pertunjukan teater. Hal tersebut menjadi inspirasi bagi pesulap generasi berikutnya.

John Henry Anderson (1814 -1874) adalah pesulap dari Skotlandia, yang sering disebut sebagai The Wizard of the North. Dia sukses menembus Eropa, Amerika dan Australia. Bahkan lebih dahulu dari Harry Houdini, pesulap yang paling terkenal dalam publikasi. Anderson dikenal dengan alat-alatnya yang sangat besar & terbuat dari perak solid. Dia sempat menjadi kaya, namun akhirnya kehilangan semua kekayaan setelah teater tempat ia melakukan pertunjukan habis terbakar dan menjadikan ia bangkrut.

Sejak saat itu masyarakat mengenal sulap sebagai suatu bentuk seni pertunjukan. Kepopuleran dunia sulap berlanjut hingga ke abad berikutnya. Bahkan banyak bermunculan pesulap-pesulap hebat. Pada masa tersebut belum ada pertunjukan televisi. Sulap merupakan salah satu bentuk pertunjukan live yang sangat populer dan membangkitkan antusias masyarakat dimanapun mereka mengadakan pertunjukan.

Sekolah Sulap di Indonesia, wow!

Walau sulap sudah populer di Indonesia sejak tahun 1950-an, namun tidak ada pesulap Indonesia yang namanya tersohor & menonjol. Kebanyakan dari mereka adalah hanya pesulap untuk acara-acara ulang tahun. Pada saat itu nama Harry Houdini sempat terdengar sampai tanah air. Kemudian pada tahun 1990-an, David Copperfield, pesulap asal Amerika lah yang mendominasi dunia dengan pertunjukan sulap yang spektakuler. Ia juga sempat datang ke Indonesia beberapa kali & mengadakan pertunjukan.

Setelah itulah, banyak bermunculan pesulap-pesulap Indonesia yang mulai terjun secara profesional. Di antaranya adalah: Deddy Corbuzier, Adri Manan, Dwi Montero dst. Kemudian disusul dengan generasi-generasi baru seperti Alford, Oge, dst.

Siapa tertarik?

ini profesi yang langka lhooo.. hew3

Berikut info sekolah sulap di Jakarta:

· PENTAGRAM. Bintaro Sektor II, Jakarta Selatan. Tel. 73692959

· MAGIC STATION. Cinere Mall Lt.2, Jakarta Selatan.
Tel. 754 8713 & 754 6479


2 comments:

morano_cavalera said...

Dunia Dan Informasi



…..Jika anda mengalami “ kurang percaya diri, ingin mempunyai banyak teman, suka menghibur semua usia dari anak kecil hingga dewasa bahkan orang tua dan khalayak ramai, juga ingin dianggap sakti dengan logika karena mempunyai kekuatan supra natural yang memiliki nilai sugesti yang tinggi “, maka solusinya ada di situs website kami. Kunjungilah….
http://geocities.com/morano_cavalera_magic
email: morano_cavalera_magic@yahoo.com
hp : 021- 6 8 6 8 9 1 6 4
0 8 1 3 1 7 8 5 3 1 5 3



SAKTI DENGAN LOGIC

electrict touch
hi-voltage
voodoo
budhapalm
dragon touch
amazing lamp
blendfold
flash papper
flash rate
flash cotton
ghost papper
batu merah delima
tali tembus leher
dll....


-Memiliki kekuatan energi listrik yang mengalir dari tubuh kita sendiri sehingga kita dapat menyalakan sebuah lampu neon tanpa kabel, juga bila orang menyentuh tubuh kita maka akan tersengat arus listrik, bahkan kita bisa menggunakan kekuatan ini dlm pengobatan alternatif sdikenal dengan sebutan “ teraphy listrik “

-Merubah kertas / daun menjadi uang sungguhan tanpa harus puasa
ataupun tirakat yang melelahkan

-Menghadirkan benda-benda atau menghilangkan benda-benda dalam genggaman tangan kita dll…



Menjadi sakti dengan logika sangatlah menyenangkan sekaligus dengan mempelajarinya dapat menambah rasa percaya diri, menarik simpati, memberi sugesti, menghibur orang banyak bahkan menjadi idola dan memikat lawan jenis. Alat sulap yang kami tawarkan relatif dan terjangkau, silakan kunjungi situs kami dan siapkan diri anda untuk menjadi idola.......






MORANO CAVALERA ( magician )

dAn_ThE_frAuDSteR said...

blog'a kereen