Wednesday, April 25, 2007

Benarkah Harry Potter punya "magic"??!

Banyak orang menyangkut pautkan magic dengan buku yang ditulis Jk. Rowling ini. Harry POtter. memang benar, tema yang diangkat sang penulis adalah tema yang jarang dipakai penulis masa kini bahkan bisa dikategorikan tema-penghibur-anak-anak, berbau penuh imajinasi dan khayalan.

Namun siapa sangka yang seharusnya menjadi-hanya-sebuah-dongeng itu, kini menjadi buku fenomenal di semua benua dalam beberapa tahun terakhir. Harry Potter menyihir jutaan manusia di semua kalangan umur. Bukan hanya anak kecil yang haus cerita dongeng. Imajinasi akan sihir dikupas Jk Rowling dengan campuran mistis dan dunia modern, menyamarkan bahwa novel ini cuma fiksi belaka seputar "magic"

Tetapi semua orang yang membaca seakan akan berada di demensi dimana harry dan kawan kawannya hidup. Seakan kita melihat langsung Harry dengan bekas luka kerennya dan Kastil Hogwarts yang antik dan jadul sekaleeew, tapi masih tetap bisa dibilang "keren."

Kenapa bisa begitu? ? ? sihirkah ini?? apa Jk pernah mendatangi dukun ternama di Edinburgh dan memberi aji aji rahasia pada naskahnya? sehingga ia sekarang mendadak-kaya bahkan diatas konglomerat, maksudku benar-benar-milyuner, saking kaya nya dan aku yakin dia tak pernah memimpikannya, menjadi wanita terkaya se Britania raya. Luar Biasa bukan????

Semua orang berdecak, kagum, salut, bahkan terheran heran takjub. Seorang wanita tanpa koneksi terpercaya, mendapat berjuta juta poundsterling dari hanya beberapa jilid BUKU! dia tidak ikut partai apapun, politik apapun, tidak punya saham apa pun, bisnis apapun, bahkan untuk cari makan saja kesusahan sehingga ia mengurangi jatah makan dari 3x enjadi 2x sehari. Bukan, bukan untuk berdiet, melainkan berbagi untuk bayi kecilnya, Jessica.

Inilah sihir yang sesungguhnya menurutku. sihir di balik buku harry potter. sihir ini sama sekali tidak berkaitan dengan mantra apa pun. Bahkan Jk rowling sendiri tak percaya dengan sihir. lalu kenapa Harry Potter begitu amat populer?

Jawabannya adalah dengan sihir sugesti, maybe. Kepercayaan Jk rowling akan obsesinya menerbitkan novel, telah membuktikan kepada kita semua bahwa sihir sugesti itu ada. tak peduli apa kondisi kita. bagaimana susahnya rintangan. hanya dengan modal yang kuat, tanda kutip teramat KUAT, sekeras intan, yang mampu menggebrakkan dunia dengan hanya oke, just two word, he is Harry Potter.

Harry Potter lahir disaat puncak kesulitan hidup JK Rowling. tak sia sia ia menulis berjam jam di kafe dengan hanya memesan secangkir expresso. sangat bodoh kalo' ada orang yang beranggapan Jk telah mengerti-lebih-dalam-mantra-sihir untuk menaklukan hati setiap pembaca. Toh ini semua adil. Betapa keras perjuangannya mulai dari titik nol sampai ke titik puncak ketenarannya. karena dia menulis di setiap kata di harry POtter dengan penuh keyakinan dan mimpinya, maka itulah sihirnya. Lewat kalimat kalimat yang panjang, renyah, dan memudahkan kita memfungsikan otak kanan untuk berimajinasi ria, tanpa gambar apa pun, inilah kehebatan sastra "jika ditekuni dan dijadikan bagian dari hidup." :P

No comments: