Saturday, April 21, 2007

Nasib Jk. Rowling....


  1. Joanne Kathleen Rowling atau lebih dikenal sebagai J.K. Rowling dilahirkan pada 31 Juli1965 di Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris.
  2. Lulusan universitas Exiter dan mendapat pekerjaan sebagai sekretaris sebuah perusahaan, namun dipecat karena Jk, lebih senang menulis cerita daripada mencatat jalannya rapat.
  3. Menikah dengan seorang wartawan Portugis dan dikaruniai seorang anak perempuan, Jessica.
  4. Setelah bercerai ia pindah ke Edinburgh bersama Jessica dengan keadaan ekonomi yang buruk.
  5. Jk. Rowling menjadi seorang wanita yang benar benar "miskin" di Edinburgh
  6. Jk. tidak mampu membayar pengasuh bayi, tinggal di apartemen satu kamar, tidak mempunyai uang, dan mendapat santunan pemerintah $105 setiap bulan.
  7. Jk. menemukan ide khayalan Harry Potter di saat keretanya terlamabat datang dan dai menulis awal dan langsung akhirannya.
  8. Jk. bertekad untuk menerbitkan buku-nya. ia menulis dengan kertas dan bulpen di nyaris semua cafe di Edinburhg yang pernah dia singgahi.
  9. Jk. rowling pun saking "kekurangannya" ia hanya memesan secangkir kopi atau air tawar dan duduk berlama lama di cafe hanya untuk menulis.
  10. Ia tidak mempunyai uang untuk fotokopi dan bahkan mengetik naskah novelnya dengan mesin tik tua.
  11. Ia menulis saat bayinya, Jessica sedang tidur dalam kereta dorong setelah berjalan jalan di taman.
  12. Jk. Rowling menyelesaikan Harry Potter jilid pertama dan berniat untuk menerbitkannya dengan mencari katalog penerbit di perpustakaan.
  13. Karyanya banyak ditolak karena dianggap terlalu berkhayal, dan kurang membumi.
  14. Pada tahun 1996 ia menemukan sebuah nama unik di katalog, Christopher Little dan menghubunginya.
  15. Bersama Chris dia mengajukan naskahnya ke penerbit Bloomsburry.
  16. Awalanya penerbit pun meragukan ceritanya bahkan menyuruh Jk. membuat nama inisial yaitu Kathleen, diambil dari nama neneknya.
  17. Pada tahun 1999 novel ke3 Jk Rowling menduduki tempat teratas di New york Times.
  18. Selanjutnya buku-buku Harry Potter yang terbit menjadi buku terlaris sepanjang sejarah yang pernah ada. bahkan samapai menjadi sebuah moment yang sangat dinanti.
  19. pada tahun 2005 majalah Forbes menyatakan kekayaan Jk. rowling sebanyak 567 juta poundsterling, atau sekitar 1 milyar dolar lebih! ini menjadikannya wanita terkaya di Inggris.
  20. 8 tahun adalah jarak yang di tempuh Jk Rowling yang sebelumnya seorang yang sangat miskin dan menyadi seorang Milyarder!!!

1 comment:

ADIN said...

nice infoo :)
boleh ak jadiin sumber buat postingan blog ak ya ? ditulis kok sumbernya . thx !
*http://addna94.blogspot.com/