Wednesday, April 30, 2008

Occlumency dan dunia psikologi

Ini sedikit pengalaman pribadi yang pernah empu jalani... Tentang Occlumency. (Wew! empu bukan a witch kan?) Sebenarnya ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan sihir. Tapi sejauh ini mungkin lebih keren istilah sihirnya daripada istilah muggle sendiri.

Istilah occlumency muncul pertama kali di Harry Potter nomor 5. Saat itu Harry sedang berjuang untuk memblokade pikirannya dari otak Lord Voldemort. Dia les privat occlumency ke Snape. Prakteknya sangat berat kawan.. berkali kali bekas luka Harry sakit luar biasa karena mencoba menutup pikirannya.

Occlumency ini ternyata sangat penting. Harry berkali kali dimarahi Hermione karena masih membuka pikiran untuk Lord Voldemort yang menyebabkannya masuk dalam jebakan lagi. Karena kegagalan Harry dalam menguasai Occlumency di tahun kelimanya, Sirius menjadi korban. Tewas.

Tapi oke, empu bukan sedang membahas occlumency-nya Harry Potter. Karena akan sangat panjang. Lagian anda para tamu sekalian bisa baca sendiri novelnya di rumah dan bab bab yang mengenai Occlumency.

Hm.. jadi, bagi yang sudah paham apa itu occlumency--menutup pikiran, pernah sadar ga' kalo' sebenarnya muggle juga butuh banget dengan yang namanya OCCLUMENCY. Yang empu maksud sih bukan tentang bagaimana para tamu mempunyai hubungan yang spesial atau ikatan batin atau juga telepati (bahasa kerennya) dengan orang lain. Tapi ini lebih cenderung ke kejiwaan kita sendiri.

Nah lho.. kenapa empu jadi berlagak sok psikolog gini yah?
Tanya kenapa?

..... karena memang ga' ada yang dibahas, daripada nganggur.. hew3 (gubrak!)

Oke, lanjut...

Jadi, secara pribadi empu pernah meraktekin occlumency itu sendiri. Menutup pikiran pada tepatnya someone nun jauh disana. Kadang jika kita sudah benar benar mencintai orang itu apalagi baru jatuh cinta, kita terpkasa selalu memikirkannya. Seperti saat seseorang memutar musik dan kamu mau tak mau ikut mendengarnya. Atau seperti lagunya Duo Maya... Ingat kamu.. intinya in everywhen and everywhere kita selalu keingetan.

Adakalanya sikon kejiwaan yang terhipnotis sama bayangan seseorang memang sanagt indah. Tapi disaat kamu hendak memulihkan jiwamu dari kronis cinta ke taraf sembuh dari patah hati.. Occlumency adalah jalan yang sangat tepat dan efisien dilakukan. Mungkin ini ada kaitannya dengan psikologi. Setiap orang sebenarnya dapat mengatur jalan pikirannya. Namun kadang memang sangat susah..

Jadi, umpamakan saja kalian Harrry POtter yang ber-occlumency di waktu yang tepat. Seperti saat ulangan, kalian keingetan si doi.. nah tutup dulu akses data yang berkaitan dengan all about doi-mu. Semoga saja otak kita lebih penurut untuk urusan cinta.

No comments: