Saturday, April 12, 2008

Harry Potter's secret in the my opinion

Oi, oi, oi

Sebenarnya empu sudah cukup lama ingin membahas ini. Tentang yeah, kau tahulah "RAHASIA" Harry Potter. Sst.. jangan bilang siapa-siapa ya... hew3
Jadi, sebenarnya ini bukan tentang RAHASIA di dalam dunia sihir itu sendiri. Kita tidak sedang membahas Rahasia Harry sampai bisa memikat hati Cho dan Ginny atau rahasia Harry mengalahkan Lor Voldemort. Oke. Bukan itu, para tamu sekalian... maaf kalau kecewa.

Ini tentang dibalik proses pembuatan novel Harry Potter mulai yang terakhir sampai yang ke.... 7, wassalam. Ini tentang keajaiban yang ada di dalam setiap kata yang dituliskan Mrs Jk sendiri. Sebenarnya banyak ahli sastra yang sering membedah, berkomen, bahkan meriset buku buku Harry Potter. Mereka begitu heran melihat buku ini mampu mendobrak dunia. Segala usia menggemari Harry Potter seperti keripik kentang yang gurih dan membuat ketagihan. Bukan hanya para kritikus sastra mungkin, bahkan golongan yang agak irasional.. katakanlah peramal, dukun, atau siapa pun yang terkena gejala wanna be wizard and witch, juga sering bertanya tanya, adakah sihir di dalam buku yang cukup tebal ini? atau jangan jangan JK ROWLING sendiri adalah keturunan WITCH yang kemudian menjabarkan rahasia dunia sihir yang kelam. Atau jangan jangan novel ini memang telah dijampi jampi sebelumnya! tentu saja, agar laku dipasaran.

Keheranan yang luar biasa hinggap mulai pertama baca buku Harry Potter juga empu rasakan. Dan empu merasa menyeret juga beberapa manusia ke dalam "serunya" dunia sihir ala Harry Potter. Ada beberapa teman yang tadinya awam Harry POtter, tadinya malas baca novel.. yang merasa matanya akan juling setelah membaca sekian ratus lembar halaman, kini bahkan sangat menggandrungi kitab tebal ini.

Jadi, ternyata pertanyaan dan RAHASIA yang selama ini menggantung dalam benak masing masing orang yang mengenal Harry Potter terjawab sudah. Olala, enggak juga sih. Empu hanya sekedar tak sengaja menemukan jawabannya di buku ketujuh, Deathly Hollow. jadi sebenarnya pertanyaan BIGEST dan sangat SECRET bukan berkaitan tentang ceritanya sendiri tapi

WHY HARRY POTTER'S BOOK TOO SPECTACULAR?

Sebenarnya saya menemukan jawaban ini berkat perkataan seorang penulis idola saya di sebuah seminar menulis di Unibraw, ANDREA HIRATA.

Sebelumnya... saya sangat berterimakasih banget pada Andrea Hirata..

wait.. wait.. kenapa gaya bahasa empu mendadak formal dan elegan gini yah?
gedubrak!
oke, lanjut...

Empu masih ingat dengan jelas saat Andrea berkata, menurutnya "bagaimana sih sebuah novel dikatakan bagus?"
nah, ini pertanyaan mudah yang sekaligus cukup susah dibahas. Btw, para tamu punya pendapat eh?

Menurut Andrea.. setelah merenung sekian lama.. ia berkata "novel yang bagus adalah novel yang punya emosi... di dalam setipa paragrafnya" tapi kemudian dia menyahut "Ah, nggak juga sih.." menurutnya lagi dan lagi.. setelah melalui perenungan dan bertapa (hew3. sorry, agak hiperbolis) ia akhirnya berkata "menurut saya, novel yang bagus adalah adanya unsur dinamis yang terus bergerak di setiap paragrafnya. novel itu akan dibaca sampai habis, karena di setiap paragrafnya orang tak dapat menerka lanjutannya. Orang akan terus dibuat penasaran.." (kira kira begitulah kata katanya)

Nah, pesan dan pendapat dari penulis Idola empu inilah yang terus empu ingat dan saat membaca buku yang ke7 (Piuh, akhirnyaaaaa....) empu bisa mengerti apa yang dimaksud Andrea Hirata sendiri. Bahkan mungkin beliau yang dengan pemahaman cerdasnya tidak sadar bahwa ia TELAH berhasil menemukan RAHASIA di balik Harry POtter yang sungguh spektakuler.

Berkat imajinasi Jk rowling yang kelewat luas dan menakjubkan.. perempuan yang satu ini mampu membuat magnet dalam setiap paragraf Harry Potter. Paragraf selanjutnya sangat sulit ditebak. Sangat sarat teka teki. Tanpa sadar kita dihadapkan pada teka teki setiap membacanya. Namun, kita tak sepenuhnya dituntun menyelesaikan misteri yang ada di setiap buku Harry Potter. Bagi empu sendiri Harry POtter adalah kumpulan paragraf ringan, lugas, berdaya imajinasi tinggi, dan penuh kejutan kejutan kecil.. yang jarang sekali dikeluarkan secara seutuhnya oleh Mrs. Jk Rowling sendiri.

Jadi, kenapa Harry POtter mudah dibaca banyak orang ketimbang novel tipis dengan cerita yang tak kalah bagus?

karena bahasanya ringan, seringan keripik kentang yang tak bisa membuat kenyang

Jadi, kenapa Harry Potter begitu dinanti jutaan muggle?

karena teka tekinya belum habis sampai buku yang ke7.. bhakan menurut empu, ada beberapa misteri yang masih belum terjawab.

Jadi, kenapa harry POtter spektakuler???

karena berisi muatan kinetik statis, dinamis, yang potensial menarik pembaca untuk semakin penasaran..!

No comments: