Saturday, July 14, 2007

Comment Empu Buat New Film (Harry potter and the order of the phoenix)

Hm...hm..
hm...


Oke..oke... maafkan empu telaaaaaaaaaaat posting.. Seakan udah berapa dekade yah empu libur panjang posting blog? he..he..he.. ampun deh. Habisnya banyak kendala kendala yang menyebabkan empu kehilangan nafsu ngeblog --(minum vitamin dong Empu...:P)-- akhir-akhir ini... padahal, well, Harry POtter sekarang lagi marak maraknya di belahan dunia man apun. Piuh... tapi Semangat! Empu akan coba posting sesuatu yang empu pendam beberapa dekade ini.. he3, masih tentang "Harry Potter."

Jadi gini, alkisah saat liburan kenaikan kelas kemarin, empu nonbar Harry POtter ke 5, tau kan judulnya? yup! The Order of Phoenix...
Pertama liat, saat lambang warner bross yang mentereng munculo hm... Empu berdebar debar penasaran. Setting pertama adalah sebuah taman bermain, dimana Harry melamun seorang diri duduk di ayunan. ini langsung loncat beberapa halaman dari novelnya. Seharusnya setting pertama menggambarkan Harry tidur tiduran di bawah semak semak geranium di bawah jendela rumah Mr Dursley kalo' ga salah.. dan kejadiannya itu udah malam.... (nb: SEINGAT otak empu yang berkarat)

Namun oke, bisa dimaklumi kalo' tidak semua adegan harus sama persis dengan yang ada di novel. Banyak sekali adegan adegan yang di potong. Aku rasa ini wajar, bagaimana pun juga seorang sutradara takkan mampu menjiplak karya tulis asli Jk Rowling ke dalam karya seni visual. Cerita di dalam ini berlangsung sangat cepat, ringkas, padat dan jelas. Dudley yang nyaris dicium oleh dementor bermain cukup apik disini. Tetapi kenapa kesan pertama ku bilang "setting" nya kurang bagus yah??? lingkungan Privet DRive sungguh gersang dan apa adanya, dan bahkan terkesan agak jadul untuk tahun 2007 di permukiman London (Yew! emang empu pernah kesana?)

Dilanjutkan dengan penculikan Harry Potter oleh sekawanan anggota orde, mad eye kelihatan seperti tahun kemarin, lupin dan yang luar biasa keren menurutku adalah Nymphadora Tonks. Mulai dari Style baju sampai gaya rambutnya patut diacungi jempol, sangat trendy.. :P

Grimauld place dan si penjaga, kreacher cukup sama lah dengan bayangan Empu.. hm, gelap, angker dan banyak benda benda aneh.. oh ya, berdebu lagi... he..he..he.. yang aku suka dari rumah Sirius itu adalah silsilah keluarga Black. Dari karpet yang menempel di dinding dengan gambar sulur sulur pohon serta photo anggota keluarganya. Bellatrix dan Narcissa juga nongol, seharusnya Buckbeak juga ada di rumah itu, tapi mungkin yah.. dia tidak terlalu berperan jadi tidak repot repot dimunculkan kembali.

Sekarang tentang Hogwarts, kastilnya jelaslah masih sama (jadi penasaran, tuh setting bangunan beneran atau cuma setting panggung doank?) yang beda itu.. beberapa ruang baru, seperti kamar kebutuhan, hei.. perasaan kamar kebutuhan itu yang memberitahu Dobby kan? di film, kok Neville yah?

Beberapa adegan yang sama sekali hilang adalah Pertandingan Quiddicth (bahkan tak disebut sekali pun, yah ga seru kan???), Organisasi Hermione, tentang apa itu PEWT? ah lupa namanya, yang khusus ngelindungi dan membela hak hak peri rumah itu lho... ingat kan? :P juga yang terpenting adalah hilangnya acara "KENCAN" pertama Harry Potter dengan Cho Chang di Hogsmeade.. Entah kenapa, Cho kok ga tambah cantik yah di film nomor 5, hew3.. bukannya sirik, tapi sebagai cewek Harry ia terlalu standar.. di bawah SKBm lah.

Untuk Luna Lovegood, empu khusus memberikan acungan 2 jempol untuk perfomance pertama kalinya. Luar biasa keren. Tampil apa adanya dan nyentrik. Padahal pertamanya empu agak sangsi saat ngeliat pertama kali pic pemainya di internet, yah.. kok pucat gini, dan terkesan nakutin.. cocok main di film silent hill dan sejenis film horror lainnya. Tapi ternyata nggak, mungkin peran pembantu terbaik untuk OScar taon depan adalah Evanna Lynch, gadis pemeran Luna Lovegood.

Terus yang aku agak kurang pas, adalah peran Umbridge, bener sih di filmnya nyebelin banget, tapi hei... seharusnya Warner Bross milih orang yang lebih berkarakter ke Umbridge, gendut, penuh lemak, dan sok imut...

Sebenarnya film nomor 5 ini lumayan keren juga sih, dari segi setting sampai alur yang dibuatnya. Waktu kurang dari 2 jam harus bisa memaparkan cerita sebanyak 1200 halaman itu tidaklah mudah. Terkonsep sekali memang. Adegan adegan nya kebanyakan tegang terus, yang jadi penghibur atau selingan cuma saat pembentukan dan latihan Laskar Dumbledore-nya Harry dkk. oh ya, tentu saja, juga saat adegan first kiss yang 3 kali putaran kamera. Sumpah! DAniel benar benar nafsu... hew3. Unsur remaja sangat khas disini.

Secara keseluruhan emosi di film ini cukup kental. Memang psikologis Harry disini agak terganggu, maaf, maksudku bukan kelainan jiwa, tapi dia memang lebih temperamen dan labil. Cuman yang agak membingungkan adalah konflik cerita pas Dumbledore duel sama Lord Voldemort, emang sih.. keren banget Kementerian sihir dan Departemen MIsterinya, tapi seharusnya ada adegan yang menghidupkan patung Penyihir, peri rumah dan Unicorn kan? Mereka membantu dumbledore bertarung menglahkan Lord Voldemort. Seperti terlalu buru-buru endingnya, mungkin karena keterbatasan waktu film.

Jadi kesimpulannya, secara ringkas cukup keren-lah film ini. Kalo' boleh diranking dari film film terdahulunya, aku masih memberi rank. 2 kalo' ga 3. Nomor satu masih tetap di nomor 4, ga tau kenapa, film Harry Potter and The Goblet of Fire menurutku lebih keren, dan aku merasa nyaman nonton dari awal sampai akhir.

Kalo' anda sekalian gimana pendapatnya tentang film terbaru Harry?

2 comments:

alia pewe said...

wahh, kl mnurut gw film yg paling mngecewakan bwat gw mala yg no 4. abis gw sebell bgt bagian turnamen quidditchny tuh cm diliatin si krum,, pertandinganny ga ad sm skalii !!! trus bagian mazeny jg mengecewakan. sphinx ny ga ad. huahh, ngebetein laah. yg bkn mending cm pas pesta dansany aj, hermioneny cantik.. x)

Vimax Suplemen Pembesar Mr.P Pria said...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com