Saturday, August 18, 2007

Palsu ga' seeeh????

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Selalu beredar isu dan rumor buat Harry Potter. Seakan ga' ada matinya!!! Seperti ga' cukup saja penderitaan Harry digosipin di daily prophet ato.. di seantero sudut Hogwarts. Hm.. apa sih yang menarik untuk diperbincangkan "all baout Harry Potter"??? Inilah pertanyaan aneh yang dilontarkan empu malam ini. Bagaimana tidak? "Lha wong empu sendiri sanggup untuk buat berpuluh puluh artikel hanya untuk yah... lagi lagi Well, Harry Potter"

Oke, empu akui, nulis blog tentang Harry POtter itu sangat ringan sekali, entah rasanya tanpa bosan.. (okey.. walaupun sering telat update) Tapi well, tahu nggak tamu? dulu pas empu buat blog ini niatnya hanya sampe Buku ketujuh "Deathly Hollows" keluar, baru empu pensiun ngisi blog ini. Tapi ternyata melenceng dari niat.. jadi yah, anggap saja ini sekedar mengisi waktu kosong... (haduuh.. kok jadi curhat gini yah?)

By the way.. tamu-tamu sekalian udah pada baca Harry Potter edisi terakhir belum?
Kalo' empu sih jujur "BELOM SAMA SEKALI". Yah, wajar saja.. empu hanya sempat sekilas nengok buku itu di etalase khusus di Gramedia. Lagian... edisi bahasa Inggrisnya membuat empu kehilangan nafsu sih.. (hadoooh.. parahnya skill bahasa inggris empu.. he3). Juga tadi di sekolah empu denger ada anak bahas Harry di kantin..

Si A: "Hei udah baca Harry Potter yang terakhhir lom, aku udah lho..."
Si B : "Belom. kamu punya?"
Si A: "Nggak. maren ke toko buku liat novel Harpot ke7. aku buka halaman pertama dan terakhir doank. selesai."
Si B: "Trus ceritanya gimana?"
Si A: "He..he..he.. ga tau sama sekali.."
Si B: "Wakakkakakakk.. buta huruf lo!"

Hm.. memang bahasa adalah kendala utama juga ya, empu jadi prihatin sama diri empu sendiri.. (makanya belajar donkk!) tapi ga' menutup kemungkinan banyak juga orang Indonesia yang ngebet edisi orisinil Harry Potter, namanya juga ngefans...

Beberapa hari setelah Harry Potter terbit... di milis penulislepas pun marak berbicara seputar Harry Potter. Nah! ada yang bagi-bagi e-book gratis nya neh... klik sini.
Eh, ga taunya situs download GRATIS ini udah tersebar dimana-mana. Di post bulletin friendster, di google... karena penasaran, apa benar ada e-book nya? alhasil empu coba klik, ups! error... yah.. empu kecewa deh.

Banyak yang bilang itu e-book palsu (hM....)
Banyak yang bilang juga situsnya ditutup karena udah ketahuan dan mo dihukum (haduuh...)
Banyak yang bilang juga sih, situsnya error karena kehabisan bandwith. pengunjung membludak! (wow..)

Jadi mana sih yang bener???!!!

Yang bener jelas yang asli bukunya lah! dalam bentuk nyata... tanpa pake format Pdf ato apalah.. empu mikir juga sih, ga mungkin e-book gratis Harry Potter berhasil beredar dengan begitu mudah di internet. Tahu sendiri kan, pengaman super ketat sebelumnya telah dilakukan pihak penerbit Harry POtter untuk menjaga keaslian mutu novel ini. Bahkan ada yang bilang, pengamanan buku Harry pOtter terakhir sebelum launching pun memakai satelit juga.. weleh..weleh.. menjaga novel Harry Potter seperti menjaga dokumen negara!

Dan empu baca di koran... di Paris seorang cowok 17 th-nan ditangkap polisi, karena udah berani nerjemahin novel Harry Potter dalam bahasa Prancis dan dibuat e-book-nya. Haduuh, bener-bener nakutin bukan? nerjemahin 3 bab saja udah diseret ke kantor polisi. Tapi anak itu kabarnya dinyatakan "ga terlalu bersalah" karena diduga dia nerjemahin karena cuma iseng doang bukan untuk tujuan komersil. Hm.. banyak pengamat buku di Prancis kagum pada anak itu, karena dalam waktu singkat dia mampu nerjemahin 3 bab Harry Potter. Padahal Harry Potter yang edisi terjemahan baru boleh bereadr 3 bulan setelah yang asli terbit. Arggh!! lamanya... kapan yah kira-kira yang versi Indonesia terbit? Sejauh ini, empu belum mendengar konfirmasi apa pun dari pihak Gramedia... tapi isunya.. lagi-lagi.. gosipnya... katanya seeh, penerjemah Harry Potter Indonesia sedang sakit keras di rumah sakit. Haduuh!! tambah lama dong.. hiks. hu..hu..hu...

No comments: