Saturday, May 26, 2007

Siapa saingan Harry Potter???

"Banyak sekali novel novel bergenre fantasi yang bermunculan akhir-akhir ini.
Setelah meledaknya novel Harry POTTER. Entah disadari atau tidak, banyak pihak atau penerbit yang mengharap laba yang sangat besar dengan menerbitkan novel bergenre khayalan ini.."

"Tapi asal tahu saja, sebelum Harry Potter sukses mendulang prestasi dan kepopuleran, telah banyak juga novel novel berbau magic. Mereka adalah tetua Harry Potter. Hm.. siapa sajakah merekah??"

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

yup!~ Sebut saja Eragon. Buku fenomenal yang ditulis cowok cakep berumur 17 tahun. Berkisah tentang naga dan penunggangnya. Cukup menarik. Dan sekarang sedang proses pembuatan buku yang ketiga. Dikabarkan saingan berat Harry Potter. tapi well, menurutku nggak juga. Novel ini berlatar belakang dunia yang benar benar tidak berhubungan dengan dunia nyata kita. Seperti LORT contohnya. Bercover biru gelap, dan sosok utama, Saphira, si naga betina yang berpose dengan anggunya. Aku juga sempat salah tebak, kirain Eragon adalah nama naga di cover tersebut... Hm.. dulu sih poster promosinya di Gramedia menghebohkan banget. Membuat banyak orang penasaran tentunya.

Bagaimana tidak? poster itu menulis kalimat persuasif seperti ini, seingatku "SAINGAN HARRY POTTER. PERPADUAN ANTARA HARRY POTTER, LORD OF THE RING DAN STAR WARS"
apa ga penasaran tuh bacanya???
tapi setelah aku baca.. hm.. cenderung mengikuti alur cerita Lord of the Ring deh :P

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Artemis fowl.. buku fantasy ini agak berbeda dengan yang lainnya. Ditulis oleh seorang guru di Irlandia. Ck3.. guru yang keren menurutku. Yang aku suka dia mampu mengombinasikan fantasi tekhnologi tinggi dan fantasi berjenis legenda. Dan legenda yang disorotinya disini adalah Elf, peri. Bagaiamana pun, Eoin jelas mendeskripsikan Elf sebagai sesuatu yang berbeda dengan gambaran Elf di LOTR, dan di Harry Potter. Setiap pengarang fantasi ingin mempunyai imajinasi yang khas kan?? Uniknya, peran utama disini, yaitu anak muda yang bernama Artemis itu berkarakter antagonis. Tidak seperti Harry Potter yang baik hati, Froodo yang lugu dan polos, atau eragon yang perkasa dan berjiwa muda. Buku ini telah ada 3 seri yang dicetak.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

IEva Ibbotson menurutku hampir sama dengan Jk Rowling. Sukses berat dengan novel novel fantasy-nya. Bedanya, nenek Eva beda zaman dengan Jk Rowling, dan novelnya tidak berseri...
Cukup bagus ceritanya. Ringan dan segar. :)

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Wah.. ini sih trilogy yang bakal melegenda dan abadi di zaman apa pun. JRR tolkien patut diacungin jempol. Jenius dalam menciptakan dunia yang benar benar Indah dengan setting New Zealand (tau kan gimana ijo dan seger nya alam New Zealand??) buku ini emang tergolong tetua-nya trilogy, dan emang layak kalo' oscar ga tanggung-tanggung menghadiahkan 11 kategori untuk film-nya. Ck.. ck..ck.. so cool...

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Nah kalo' ini.. juga mendunia kan? novel sahabatnya JRR TOlkien kalo' ga salah. Novel yang bermula dari Lemari, sungguh sederhana tapi keren dan sarat imajinasi.. Sayangnya aku cuman sekilas tau ceritanya. Maksudku aku blom baca novel dan liat filmnya sendiri. hiks. Malang BGT. Ada yang mau minjemi?? :P


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Ini lagi.. ya ampyyyuuuuuuunnnn... Empu blog? halow? kamu blom pernah baca karya ternama Stephen King?? Arrgh! tragis.. aku sudah baca biografi pengarangnya novel di atas, sedikit sih.. tapi bikin penasaran. Kira-kira gimana yah ceritanya? :P

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Yang ini juga.. covernya aja gothic banget. Hm.. mang ini cerita apaan yah?


Wah..wah.. Empu.. dari 7 pictures cuman 2 yang baru terbit.. maksudku "benar-benar rivalnya" Harry Potter. Yang 5 lainnya itu kan dah terbit lama banget sebelum Harry POtter.. jadi anggap saja sesepuh-nya Harry, hew..hew..hew..

BTW, yang tahu buku dan novel bergenre fantasy selain di atas.. empu mohon diberi tahu yah? khususnya yang baru keluar.. :P thanks before guys.

No comments: